A. JENJANG SOSIAL
Perkembangan zaman ternyata juga mempengaruhi dalam
pola kehidupan dan interaksi sosial kita. Termasuk pengaruh kelas sosial dan
status sosial terhadap pembelian dan konsumsi.
Pengaruh jenjang sosial Terhadap Pembelian dan
Konsumsi sangat berpengaruh, kelas sosial dan lapisan sangat penting
untuk para produsen karena dapat membedakan target sasaran produsen tersebut
apa untuk status yang lebih tinggi atau untuk status yang lebih rendah dalam
menjual produk mereka.
Gaya hidup dari lapisan atas pastinya akan berbeda
dengan gaya hidup lapisan menengah dan bawah. Dengan uang yang banyak
masyarakat yang berada dilapisan atas biasanya lebih konsumtif dalam
melakukan pembelian dan dapat membeli barang-barang mewah yang mahal harganya,
sedangkan untuk kelas menengah dan bawah barang mewah adalah suatu pemborosan
yang akan mereka lakukan jika dipaksakan untuk membelinya.
Keberadaaan Jenjang sosial dalam kehidupan masyarakat
merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan. Keberdaan hal ini di
karenakan banyak faktor yang mempengaruhiya, di saamping itu setiap manusia
memiliki keinginan yang sangat kuat untuk bisa dihargai maupun dihormati oleh
orang lainnya.
Hal itulah yang paling utama dalam membentuk adanya
jenjang sosial di masyarakat. sehingga akan menjadikan manusia untuk melakukan
proses agar dapat berkembang dari kehidupan sebelumnya menjadi kehidupan yang
lebih baik.
B.
PENGERTIAN
JENJANG SOSIAL
Jenjang sosial adalah pembagian anggota masyarakat ke
dalam suatu hierarki status kelas atau jenjang yang berbeda sehingga para
anggota setiap kelas secara relatif mempunyai status yang sama, dan para
anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau lebih rendah.
Pengertian jenjang sosial merupakan kondisi dimana
seseorang berusaha untuk dapat menaikan kelas sosialnya pada suatu
posisi yang mana mencerminkan status sosialnya menjadi lebih baik di
masyarakat.
Hal ini berkaitan erat dengan kondisi sosial
sebelumnya yang berusaha untuk dinaikan agar dapat lebih dihargai dan dihormati
oleh sesamanya, dan dapat dikatakan orang yang berhasil.
Dan dapat disimpulkan bahwa jenjang sosial akan
berubah seiring dengan pencapaian dan keberhasilan nya dalam merubah kelas
sosialnya. Serta akan menghasilkan status sosial yang lebih tinggi dari
sebelumnya sesuai dengn pencapaiannya.
C.
FAKTOR
PENENTU KELAS SOSIAL
Kelas sosial ada yang tercipta sejak lahir namun ada
juga yang harus dengan susash payah untuk mendapatkannya, baik itu dengan
sekolah maupun lembaga tinggi lainnya.
Menurut Engel, Blackwell dan miniard (1995)
mengemukakan pendapat Gilbert dan Kahl yang menyebutkan bahwa ada sembilan
variabel yang menentukan status atau kelas sosial seseorang, kesembilan
variabel tersebut digolongkan ke dalam tiga kategori, yaitu sebagai berikut :
- Variabel Ekonomi
a.
Status pekerjaan
b.
Pendapatan
c.
Harta benda
- Variabel Interaksi
a.
Prestis individu
b.
Asosiasi
c.
Sosialisasi
- Variabel Politik
a.
Kekuasaan
b.
Kesadaran kelas
c.
Mobilitas
D.
PENGUKURAN
KELAS SOSIAL
Ada Tiga faktor yang biasa mempengaruhi atau
digunakan untuk menilai statifikasi / atau mengukur
kelas sosial yang ada di masyarakat , antara lain adalah ;
1. Kekayaan
relative
2. Kekuasaan
atau pengaruh
3. Martabat
Pengukuran kelas sosial dapat juga dilakukan melalui
beberapa pengukuran yang bersifat objektif:
1. Ukuran
subjektif dimana orang diminta menentukan sendiri posisi kelas sosialnya. (kelas
sossial di tentukan secara pribadi)
2. Ukuran
reputasi ditentukan oleh orang lain dari luar lingkungannya.
(kelas
sosial ditentukan menurut reputasinya)
3. Ukuran
objektif didasarkan atas variable sosioekonomi seperti pekerjaan, basar
pendapatan, dan pendidikan.
(kelas sosial
dikarenakan kekayaan dan pekerjaan)
E.
APAKAH KELAS
SOSIAL BERUBAH ?
Menurut Paul B. Horton, mobilitas sosial atau
perubahan sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas
sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.
Sementara menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack,
mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola-pola
tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial
mencakup sifat hubungan antara individu dalam kelompok dan hubungan antara
individu dengan kelompoknya.
Cara untuk melakukan perubahan
sosial
Secara umum, cara orang untuk dapat melakukan
mobilitas sosial ke atas adalah sebagai berikut :
- Perubahan standar hidup
- Perkawinan
- Perubahan tempat tinggal
- Perubahan tingkah laku
- Perubahan nama
F.
PEMASARAN
PADA SEGMEN PASAR BERDASARKAN KELAS SOSIAL
Dalam ilmu pemasaran, sebelum melakukan berbagai macam
promosi atau pendekatan pemasaran lainnya, pasar atau segmen yang dibidik harus
jelas lebih dahulu. Segmentasi merupakan seni mengidentifikasikan serta
memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar. karena perilaku membeli
sangat dipengaruhi oleh kelas sosial maka kelas sosial dapat mensegmentasi
pasar secara tepat dapat mengidentifikas golongan pasar tertentu. Untuk
mencapai hasil pemasaran yang optimal, kita pertama kali harus terlebih dahulu
melakukan segmentasi pasar atas produk yang akan kita jual. Segmentasi pasar
pada intinya membagi potensi pasar menjadi bagian-bagian tertentu; bisa
berdasar pembagian demografis; berdasar kelas ekonomi dan pendidikan ataupun
juga berdasar gaya hidup (psikografis).
Pembagian segmen yang paling lazim dilakukan adalah
berdasar kelas sosial ekonomi. Sebagai misal, pembagain yang sering dilakukan
adalah membagi lapisan pasar menjadi empat kelas : misal kelas C (kelas ekonomi
rendah), kelas B (menengah), dan kelas AB (menengah atas) dan kelas A (golongan
atas). Sebagai misal, produk kartu ponsel Esia yang murah meriah cenderung
ditujukan untuk golongan B dan golongan C. Sementara produk mobil mewah seperti
BMW atau produk tas Gucci ditujukan untuk segmen kelas atas. (Jika Anda ingin
mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang mmarketing management dan
strategy
SUMBER :
http://blog.ub.ac.id/nadiaayuhemayanti/2013/01/01/artikel-pengaruh-kelas-sosial-terhadap-pembelian-dan-world-class-entrepreneurial-university/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar