TUGAS DASAR PEMASARAN KELOMPOK 9
STRATEGI PROMOSI DAN PERIKLANAN
A. PENGERTIAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
B. PENTINGNA KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Boove (2003) memaparkan beberapa asas komunikasi agar dapat berkomunikasi secara efektif, antara lain:
· Komunikasi berlangsung antara pikiran seseorang dengan pikiran orang lain.
· Orang hanya bisa memahami tentang suatu hal jika menghubungkannya dengan hal lain yang telah dimengerti.
· Orang yang melakukan komunikasi mempunyai suatu kewajiban untuk membuat dirinya dimengerti.
· Orang yang tidak paham dalam menerima pesan mempunyai suatu kewajiban untuk meminta penjelasan.
C. PERIKLANAN
Periklanan (advertising) adalah bentuk-bentuk komunikasi atau resentasi non pribadi produk atau perusahaan yang dikendalikan oleh produsen untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
JENIS PERIKLANAN :
1. Periklanan lembaga atau institusi (bank, biro jasa, supermarket, departmen store, dsb).
2. Periklanan merk (toyota, pepsodent, cerebrovit, dsb).
3. Periklanan jenis barang tertentu (iklan pelayanan masyarakat).
4. Periklanan penjualan (pada kesempatan-kesempatan tertentu).
D. PENJUALAN TATAP MUKA
Personal selling dilakukan sebagai pelengkap pengiklanan karena hal itu dilakukan secara individual dan dilakukan oleh staff pemasaran secara langsung, bukan melalui media massa. Personal selling adalah satu elemen bauran masyarakat yang mensyaratkan pemasar dapat mengakses secara langsung informasi kebutuhan konsumen dan kemudian memprosesnya untuk kepentingan perusahaan.
Usaha penjualan langsung dalam praktik akan bervariasi tergantung apakah produk yang dijual itu merupakan barang konsumsi, barang industrial, atau jasa. Perlu dicatat bahwa penjualan barang industrial mempunyai tendensi lebih rumit dibanding dengan menjual barang konsumsi. Tingkat kerumitan penjualan produk itu disebabkan beberapa hal :
· Banyaknya interaksi dengan berbagai pelanggan.
· Pemahaman skill teknis tentang produk.
· Banak terkait dengan aktivitas pasca pembelian.
E. HUBUNGAN MASYARAKAT
Alat komunikasi pemasaran yang lain adalah kegiatan relasi publik atau hubungan masyarakat (publik relation) untuk membina publisitas perusahaan dan produknya. Kegiatan hubungan masyarakat adalah kegiatan manajemen, dirancang untuk membentuk dan membina sikap dan perilaku masyarakat terhadap perusahaan. Tidak seperti alat-alat promosi yang lain, kegiatan hubungan masyarakat tidak dapat secara keseluruhan dikendalikan oleh perusahaan. Kemampuan perusahaan terbatas untuk mempengaruhi pandangan atau sikap masyarakat terhadap perusahaan dan produknya.
Perusahaan perlu berusaha menciptakan dan membangun kesan masyarakat (publisitas) dengan membina hubungan yang baik dengan karyawan, pelanggan, perantara, pemasok, pemerintah dan masayarakat (publik). Dengan usaha menjaga (preventif) dan mengatasi segera berita-berita buruk tentang perusahaan, berarti juga suatu usaha menciptakan publisitas yang baik. Umumnya, kegiatan hubungan masyarakat dilakukan oleh bagian tersendiri dalam struktur organisasi kantor pusat, langsung dibawah manajer umum.
Tujuan-tujuan relasi publik adalah :
1. Menciptakan kesadaran masyarakat
2. Membina kredibilitas
3. Merangsang kegiatan penjualan dan perantara
4. Mendukung dan mengkompensir kegiatan promosi
Media atau alat-alat kegiatan hubungan masyarakat :
1. Berita-berita yang netral
2. Seminar, loka-karya dsb
3. Kejadian atau peristiwa khusus
4. Pelayanan masyarakat (peka lingkungan)
5. Informasi tertulis, audio visual, dan telepon
F. PROMOSI PENJUALAN
Bagi kebanyakan pemasar, promosi penjualan adalah merupakan elemen yang menyedot dana terbesar dalam bauran promosi. Pengeluaran terutama dilakukan untuk memberi potongan harga, undian, refund, dan sampel. Tujuan utama promosi penjualan adalah untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan dalam waktubrelatif singkat. Bentuk aktifitas promosi penjualan yang umum dilakukan perusahaan agar dapat dikelompokkan kedalam dua tipe : (1) promosi penjualan yang diarahkan kepada tenaga penjual seperti pemberian bonus bagi tenaga pemasar yang mampu mencapai target penjualan dan kontes penjualan, dan (2) promosi dagang biasanya diarahkan untuk para penyalur, misalnya berupa bantuan untuk pajangan produk dan bantuan pengiklanan produk. Bentuk promosi penjualan yang lain adalah : kupon potongan, kupon undian, dan pembagian sampel produk secara cuma-cuma.
G. PEMASARAN LANGSUNG
Tenaga penjualan langsung berhadapan dengan konsumen. Mereka berkomunikasi dan melakukan usaha-usaha untuk memperoleh order pembelian bagi perusahaan. Kesan atau citra perusahaan dapat tercermin dari sikap tenaga penjualan terhadap konsumen. Sehingga perusahaan perlu untuk menjaga nama perusahaan dengan memilih tenaga-tenaga penjualan yang baik. Tugas manajemen penjualan tidak hanya mencari, tetapi juga menentukan kebutuhan, mendidik, memelihara, dan mengembangkan tenaga penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar