TUGAS DASAR PEMASARAN KELOMPOK 7
STRATEGI PENETAPAN HARGA
A. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN HARGA
Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Dalam bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pemasaran suatu produk. Tinggi rendahnya harga selalu menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka mencari suatu produk. Sehingga harga yang ditawarkan menjadi bahan pertimbangan khusus, sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang maupun menggunakan suatu jasa. Dari kebiasaan para konsumen, dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan maupun pemasaran produk yang ditawarkan.
B. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT HARGA
Perusahaan mempertimbangkan berbagai faktor dalam menetapkan kebijakan harga. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi perasahaan dalam menetapkan tingkat harga bagi produknya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga antara lain :
Faktor internal meliputi :
1. Tujuan pemasaran (biaya, peguasaan pasar dan usaha).
2. Strategi marketing-mix (aspek harga dan non-harga).
3. Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
Faktor eksternal meliputi :
1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar.
2. Harga pesaing dean reaksi pesaing terhadap perubahan harga.
3. Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro (pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat) maupun lingkungan makro (pemerintah, cadangan sumberdaya, keadaan sosial, dsb).
C. KEPUTUSAN TENTANG HARGA
Setelah tujuan penetapan harga dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan tentang harga. Dua kelompok utama yang mempengaruhi keputusan harga adalah lingkungan dan korporat. Pengaruh lingkungan terutama bersumber pada konsumen ; kesadaran konsumen tentang berbagai alternatif harga dan sensitivitas terhadap perubahan harga harus ditentukan sebelum harga jual ditetapkan. Baru kemudian perusahaan melakukan pemrakiraan atas respons konsumen terhadap pelaksanaan strategi harga.
D. PROSES PENETAPAN HARGA
Proses penetapan harga produk yang mempunyai tingkat fleksibilitas disajikan pada gambar 8.1. langkah pertama dalam setiap kali penatapan harga jual produk adalah dengan mendefinisikan secara jelas tentang tujuan penetapan harga produk itu sendiri. Tanpa tujuan yang jelas, sangat sulit bagi pemasar untuk membuat justifikasi tentang nilai produk yang dipasarkan.
Langkah kedua yang di tempuh adalah dengan mengidentifikasikan berbagai faktor yang berpengaruh dalam proses penentuan harga jual secara dinamis. Identifiasi dapat dapat dilakukan dengan mengkaji lebih dalam atas berbagai faktor lingkungan eksternal dan kemampuan internal. Bentuk kajian komprehensif semacam ini memungkinkan pemasar mencari bentuk alternatif harga jual yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi.
Hasil kajian tentang berbagai faktor penentu tersebut pada akhirnya menghasilkan beberapa alternatif strategi harga produk. Bentuk alternatif strategi harga yang dimaksud dapat berorientasi pada biaya, persaingan, dan atau permintaan. Kemampuan manajer pemasaran untuk mengantisipasi reaksi konsumen dipasar kemudian yang akan menentukan keberhasilan penetapkan harga jual produk.
E. PENENTUAN HARGA DASAR DAN LABA YANG DIHARAPKAN
prosedur penetepan harga perlu di tentukan berbagai alternatif harga untuk mengetahui seberapa besar laba yang bisa diharapkan. Alternatif tersebut akan tergantung pada pemilihan perusahaan dan elstisitas yang ada. Adanya peningkatan dalam permintaan atau penurunan dalam biaya total akan memperluas tingkat operasi yang menguntungkan dan meningkatkan laba.
F. PENETAPAN HARGA DASAR DALAM KONDISI YANG TIDAK PASTI
Dalam pembahasan tentang penentuan harga dasar, kita telah melihat hal ini penting bagi perencanaan pemasaran untuk mengestimasi volume penjualan pada masing-masing harga, dan ini semakin sulit dengan semakin tidak pastinya keadaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar