Jumat, 23 Desember 2011

TUGAS DASAR PEMASARAN KELOMPOK-1


TUGAS DASAR PEMASARAN KELOMPOK KE-1

PERANAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT

A.     PENGERTIAN PEMASARAN
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a.      Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b.      Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c.       Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d.      Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

B.      PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

C.      PERAN PEMASARAN DALAM ORGANISASI
Webster Jr. Mengemukakan bahwa peran pemasaran dalam organisasi dapat ditinjau dari dua tipe jenjang yakni : jenjang organisasional dan jenjang manajerial.
Jenjang organisasional berkaitan dengan peran pemasaran sebagai kultur, sebagai strategi, dan sebagai taktik. Sedangkan jenjang manajerial berkaitan dengn peranan manajemen pemasaran di dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen yang di dukung oleh keterampilan manajemen tertentu yang di perlukan untuk menunjang kelancaran proses manajemen.

D.     KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Dalam konsep pemasaran tersebut terdapat tiga faktor dasar, yaitu :
·         Seluruh perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsuen/pasar.
·         Volume penjualan yang menguntungkan hatus menjadi tujuan perusahaan dan bukanna volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
·         Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus di koordinasikan dan di integrasikan secara organisatoris.

E.      TANGGUNG JAWAB MANAJER PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN
1.        Merencanakan strategi pemasaran.
2.        Mengadakan pembinaan dan pengembangan jalur pemasaran.
3.        Menyelenggarakan riset pasar
4.        Mengupayakan dan memenuhi undangan tender yang didapat.
5.        Mengkoordinasikan proses penawaran dengan fungsi terkait.
6.        Menyajikan informasi harga perkiraan dari pemilik/pesaing.
7.        Melaksanakan penerapan sistem manajemen mutu yang dikembangkan perusahaan.
8.        Membina fungsi di lingkungannya dan SDM yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan arah perkembangan perusahaan.
9.        Melaksanakan koordinasi dengan pihak eksternal yang terkait dengan fungsi pemasaran dalam rangka upaya optimalisasi perolehan pesanan, undangan tender.
10.    Evaluasi tender yang kalah dan kondisi pasar.

F.       PERAN PEMASARAN DALAM MASYARAKAT         
Dengan kata lain pemasaran meningkatkan taraf hidup mastarakat. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pemasaran berperan disamping menggunakan penelitian produk baru dan pengembangan produk yang ada juga menciptakan produk mix dan diversifikasi produk.

G.     TANGGUNG JAWAB SOSIAL
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan yang memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawanpemegang sahamkomunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Pengertian lainnya yaitu Definisi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. Csr timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.

H.     DIMENSI TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN
Menurut Green Paper dan Komisi Masyarakat Eropa :
·         Dimensi InternaL
  1. Manajemen SDM
  2. Kesehatan dan keselamatan kerja
  3. Beradaptasi dengan perubahan
  4. Manajemen dampak lingkungan & SDA
·         Dimensi eksternal      
  1. Komunitas-komunitas local , mitra usaha, pemasok, konsumen
  2. Hak-hak asasi manusia
  3. Kepedulian pada lingkungan hidup global
I.        KONSUMERISME
Konsumerisme adalah suatu consumer movement yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi konsumen. Dalam  pengertian luas, konsumerisme juga dapat diartikan sebagai gerakan yang memperjuangkan kedudukan yang seimbang antara konsumen pelaku usaha dan negara. Gerakan tidak hanya melingkupi isu kehidupan sehari-hari mengenai produk harga naik atau kualitas buruk.Konsumerisme juga dapat di artikan sebagai cara melindungi publik dengan memberitahukan kepada mereka tentang barang-barang yang berkualitas buruk tidak aman dipakai dan sebagainya.
J.        PEMASARAN DALAM LINGKUNGAN YANG BERUBAH
Dalam lingkungan yang berubah, manajemen pemasaran harus dapat berusaha agar produk yang di keluarkan oleh perusahaan dapat bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkungan yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:
  • Mendefinisika situasi bisnis
  • Mendefinisikan segmen pasar
  • Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
  • Penetapan tujuan dan sasaran
  • Mendefinisikan strategi pemasaran
  • Monotior kemajuan usaha pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar